SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA


Sabtu, 19 Februari 2011

Tahun Kelinci, Tenang Menangguk Cuan

Tahun 2011 adalah Tahun Kelinci Kayu. Berbeda dengan tahun ini yang penuh gejolak, setelah pergantian tahun yang jatuh pada bulan Februari nanti, kondisi diramalkan akan lebih tenang. Meskipun masih dibayangi banyak bencana alam, ekonomi akan tumbuh lebih baik ketimbang tahun lalu.
            Tahun 2010 adalah tahun yang berat bagi bangsa Indonesia. Bencana alam datang silih berganti: gempa bumi dan tsunami, tanah longsor, banjir, kecelakaan pesawat hingga gunung meletus. Ada pula guncangan-guncangan yang terjadi akibat ulah manusia, termasuk kasus-kasus korupsi kelas atas yang memalukan.
            Bagaimana prospek tahun 2011? Dengan berbekal metode dan keahlian khusus, beberapa pakar fengshui bisa memperkirakan kondisi masa depan. Tahun depan, tepat mulai 3 Februari kita akan memasuki Tahun Kelinci. Sebagian ahli fengshui menyebut tahun 2011 adalah tahun kelinci logam. Ini diambil dari pengaruh elemen langit yang berkuasa di tahun 2011, yakni logam negatif. Namun logam negatif tak berarti emas. “Status riil dari logam negatif adalah air raksa,” ujar Budiyono Tantrayoga, salah satu pakar dan praktisi Bazi, Fengshui dan Yijing.
            Elemen logam negatif ini akan berinteraksi dengan kayu negatif yang ada di bumi dan menghasilkan elemen perubahan menjadi kayu. Oleh karena itu, Budiyono termasuk pakar fengshui yang menganggap tahun 2011 adalah tahun kelinci kayu. Para ahli fengshui ini sepakat lambang kelinci tahun depan adalah kelinci berlubang. Kepalanya muncul, tapi separuh badannya ada di lubang. Artinya masih ada kekhawatiran tahun depan. Seharusnya kelinci yang energik berkeliaran di luar sarang.
            Sesuai dengan sifat kelinci, tahun depan kita akan memasuki tahun penuh ketenangan dan kedamaian. Para ahli fengshui itu menggambarkan, sejak awal tahun hingga Juni atau Juli, sang kelinci masih akan menunggu situasi dan kondisi yang berkembang. Ekonomi akan berjalan seperti tahun ini yang dilambangkan sebagai tahun macan kayu. Tahun depan ditandai dengan stagnasi di berbagai sektor usaha. Bursa saham misalnya, akan bergerak sideways. Bursa saham tidak akan lagi bergejolak seperti tahun 2010, cuma maju mundur saja di level tertentu.
            Pengaruh elemen logam negatif yang kuat pada kelinci kayu serta api dalam elemen kelahiran Indonesia, akan menyebabkan bencana alam masih mewarnai kehidupan tahun 2011, terutama banjir. Frekuensinya diramalkan lebih sering, tapi volumenya tak sebesar tahun ini. Bahkan daerah yang selama ini nyaris dianggap sebagai zona aman terhadap bencana banjir juga berpotensi menghadapi datangnya air bah. Namun potensi tertinggi terjadinya musibah banjir akan terjadi di wilayah yang menyandang atribut Barat dan Utara. Akibatnya, gagal panen juga akan banyak mewarnai kehidupan petani di sana. Diprediksikan musibah banjir ini hanya akan terjadi pada empat bulan pertama tahun kelinci. Setelah itu cuaca akan membaik.
            Akibat elemen api yang kuat, logam pada elemen kelinci kayu akan melunak. Logam dalam ilmu fengshui menjadi simbol penegakan hukum, tentara serta polisi. Lunaknya logam bisa berarti melunakkan peran aparat hukum dan militer di Tanah Air. Jadi Anda jangan berharap akan ada penanganan serius terhadap kasus-kasus hukum. Awal tahun bisa saja akan ada gebrakan Jaksa Agung Pak Basrief Arief, tapi cuma sebatas di awal jabatan. Peran polisi dan tentara sepanjang 2011 juga akan melunak, bahkan nyaris tak kedengaran gemanya.
            Sedikit berbeda, kasus-kasus hukum yang terkuak justru akan datang dari mereka sendiri. Mereka akan sibuk mengurus kasus yang melibatkan aparat. Aktivitas massa tahun depan juga bakal surut. Tapi bukan berarti tak ada sama sekali. Para ahli fengshui melihat tahun depan lebih banyak diwarnai aksi perseteruan antarwarga atau kelompok. Ini karena faktor sifat kelinci, masyarakat mudah curiga dan iri hati. Kritik terhadap pemerintah yang selama tahun 2010 gencar dilakukan oleh parlemen akan sedikit berkurang tahun depan. Kritik yang mereka sampaikan juga lebih sopan dengan isi yang lebih berbobot.
            Kegiatan ekonomi di awal tahun sedikit melambat. Banyak sektor usaha menunggu waktu yang tepat untuk melakukan ekspansi. Akan ada crash sebentar di awal tahun, selanjutnya pulih. Paruh kedua tahun 2010 bakal menjadi masa pemulihan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi diprediksi bakal lebih tinggi ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Sumber pertumbuhan akan terjadi di sektor properti, telekomunikasi serta otomotif. Bisnis garmen juga diprediksi bakal pulih.
            Khusus di sektor otomotif, produk mobil maupun motor berharga murah akan mengalami masa keemasan. Sektor pertanian dan perkebunan rakyat akan menjadi tumpuan masyarakat kelas bawah. Bahkan di daerah yang menyandang predikat timur, tengah dan selatan, bisnis pertanian dan perkebunan akan membaik. Khusus untuk Jawa masih sensitif. Untuk itu, para pakar fengshui meminta agar BMG memberikan panduan cuaca agar para petani bisa menentukan masa tanam yang pas.
            Bisnis restoran, kafe dan waralaba masih akan bagus. Khusus untuk usaha resto yang menyasar pasar menengah akan semakin bagus lantaran selera masyarakat kelas atas mulai berubah dengan mendatangi resto untuk masyarakat kelas menengah. Kondisi ini membuat bisnis restoran elit menurun. Bisnis berelemen logam seperti emas pada tingkatan yang cenderung menurun di tahun 2011 nanti. Bahkan, harga emas diprediksi mendekati harga tahun 2009. Oleh karena itu, banyak orang akan beralih bermain valas.
            Harga minyak akan naik. Posisi ini menyulitkan pemerintah yang berencana mengurangi dana subsidi dengan cara pembatasan pemakaian BBM bersubsidi.Di satu sisi biaya subsidi akan turun, tapi biaya impor minyak akan membesar. Di industri keuangan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tak lagi berfluktuasi seperti tahun sebelumnya. Meski berpotensi naik, kenaikannya hanya kecil. Saham-saham yang layak koleksi adalah saham utama di bisnisnya. Kalau bank, Anda bisa pegang saham BRI, BCA atau Mandiri.            

Para ahli fengshui ini menyarankan agar investor menebar portofolio di banyak tempat, termasuk perusahaan yang bergerak di sektor properti, pertambangan dan telekomunikasi. Saham yang berkaitan dengan agroindustri lebih baik dihindari. Sekarang tibalah waktunya menelaah perhitungan fengshui di atas. Anda bisa mengabaikannya bila tak percaya. Bagi yang percaya, semoga dapat membantu Anda merencanakan masa depan.

sumber : http://id.shvoong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar